Calls for Proposals: Undangan Menulis Proposal bagi Dosen di Lingkungan Universitas Warmadewa

Riset menjadi tolok ukur penting kemajuan sebuah universitas di Indonesia sebagai bagian tak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Hal yang sama juga berlaku bagi tolok ukur kinerja seorang dosen. Setiap dosen yang tergabung di perguruan tinggi, dengan demikian, wajib melakukan riset sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya. Pelaksanaan riset menjadi tolok ukur kinerja seorang dosen. Dalam jangkauan yang luas, riset juga menjadi salah satu kunci dalam menyelesaikan fenomena yang terjadi di masyarakat. Perguruan tinggi yang menjadi ujung tombak pengembangan ilmu memiliki keniscayaan untuk melaksanakan riset.

Sekalipun penelitian adalah keniscayaan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, jumlahnya masih minim. Terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh dosen untuk melaksanakan penelitian. Diantara hambatan tersebut ada yang bersifat teknis dan juga bersifat psikologis.

Menyadari pentingnya peranan riset, baik bagi perguruan tinggi, dosen maupun masyarakat, Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali mengundang semua dosen di lingkungan Universitas Warmadewa untuk membuat usulan riset. Penyaluran dana hibah ini bertujuab untuk:

  1. Membina dan meningkatkan kemampuan meneliti sivitas akademika di lingkungan universitas Warmadewa, terutama yang belum memiliki pengalaman meneliti.
  2. Meningkatkan rasa percaya diri dosen di lingkungan Universitas Warmadewa untuk melakukan penelitian.
  3. Menjadi sarana latihan bagi dosen di lingkungan Univeritas Warmadewa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.
  4. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dosen di lingkungan Universitas Warmadewa di jurnal nasional maupun internasional.

Syarat Pengajuan Usulan Penelitian

Syarat Umum

Semua Dosen boleh mengajukan proposal baik sebagai Ketua maupun Anggota, kecuali:

  1. Dosen yang belum memiliki NIDN.
  2. Dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala dan Dosen dengan pangkat Golongan IV.
  3. Dosen yang sudah pernah menjadi ketua penelitian yang memenangkan Hibah DIKTI, Hibah Internasional, dan Lemlit.
  4. Dosen yang sedang tugas/ijin belajar.
  5. Dosen yang sedang menjadi Ketua pada skema penelitian lain.

Syarat Khusus

  1. Jumlah anggota peneliti maksimal 3 orang yang terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota.
  2. Dalam tahun yang sama, tim peneliti hanya boleh mengusulkan satu proposal baik sebagai ketua maupun sebagai anggota peneliti.
  3. Keterlibatan mahasiswa maksimal 4 orang untuk setiap judul penelitian yang diusulkan sebagai tenaga teknis dan dijelaskan di metodologi penelitian.
  4. Proposal yang diusulkan tidak sedang diajukan untuk memperoleh skema penelitian lain.
  5. Usulan penelitian harus relevan dengan bidang ilmu yang ditekuni dan mata kuliah yang diampu dan sesuai dengan visi dan misi Universitas Warmadewa
  6. Jangka waktu penelitian adalah 8 (delapan) bulan dengan dana maksimal Rp. 20.000.000,00.
  7. Usulan penelitian disimpan menjadi satu file dalam format pdf dengan ukuran maksimum 5MB dan diberi nama dengan format NamaKetuaPeneliti_Fakultas.pdf, kemudian diunggah ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan dokumen cetak sebanyak 2 (dua) eksemplar dikirimkan ke sekretariat Warmadewa Research Centre.

 

Sistematika Usulan Penelitian

Semua proposal yang masuk wajib mengikuti sistematika yang telah ditetapkan. Sistematika ini mengikuti format penelitian dosen muda pada panduan XII DIKTI. Usulan penelitian dengan dana hibah yayasan terdiri atas maksimum 20 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran). Materi usulan ditulis dalam Times New Roman ukuran 12 poin dengan jarak antar baris (spasi) 1,5 kecuali ringkasan (abstrak) dengan 1 spasi. Ukuran kertas A4 serta mengikuti sistematika penulisan dengan urutan sebagai berikut:

HALAMAN SAMPUL (bisa didownload di web ini)

HALAMAN PENGESAHAN (bisa didownload di web ini)

IDENTITAS DAN URAIAN UMUM (bisa didownload di web ini)

DAFTAR ISI

RINGKASAN (maksimum satu halaman)

Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

BAB 1. PENDAHULUAN

Bagian ini menguraikan latar belakang pemilihan topik penelitian yang dilandasi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap suatu gejala/konsep/dugaan untuk mencapai suatu tujuan. Latar belakang juga memuat argumen-argumen yang menguatkan serta hal-hal yang melandasi penelitian sehingga penelitian tersebut penting untuk dilakukan. Masalah yang akan diteliti harus secara jelas dirumuskan  disertai dengan pendekatan dan konsep untuk menjawab permasalahan, pengujian hipotesis atau dugaan yang akan dibuktikan. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Pada bagian ini juga perlu dijelaskan tujuan penelitian secara ringkas dan target luaran yang ingin dicapai. Buatlah rencana capaian target tahunan sesuai luaran yang ditargetkan dan lamanya penelitian yang akan dilakukan.

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Uraikan secara jelas kajian pustaka yang melandasi timbulnya gagasan dan permasalahan yang akan diteliti dengan menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan. Bahan-bahan ini dijadikan sebagai landasan pelaksanaan penelitian. Pustaka yang digunakan sebaiknya mutakhir (maksimum 10 tahun terakhir) dengan mengutamakan artikel pada jurnal ilmiah yang relevan.

BAB 3. METODE PENELITIAN

Uraikan secara rinci metode yang akan digunakan meliputi tahapan-tahapan penelitian, lokasi penelitian, peubah (indikator) yang diamati/diukur, model yang digunakan, rancangan penelitian, serta teknik pengumpulan dan analisis data.

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL PENELITIAN

4.1. Anggaran biaya penelitian

Anggaran penelitian mengacu pada panduan penggunaan anggaran penelitian DIKTI yang berlaku. Besarnya anggaran yang diusulkan tergantung pada kategori penelitian dan bidang fokus penelitian yang diusulkan. Biaya penelitian tidak termasuk biaya publikasi dan biaya luaran tambahan yang akan dicapai.

4.2. Jadwal Penelitian

Jadwal pelaksanaan penelitian dibuat dengan tahapan yang jelas untuk 1 tahun dalam bentuk diagram batang (bar chart).

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun dengan urutan abjad nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, dan sumber atau penerbit. Untuk pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah, perlu juga mencantumkan nama jurnal, volume dan nomor penerbitan, serta halaman artikel tersebut dimuat. Hanya pustaka yang disitasi dalam usulan penelitian yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1. Susunan organisasi tim peneliti (sesuai format DIKTI)

Lampiran 2. Biodata ketua tim peneliti (sesuai format DIKTI)

Lampiran 3. Surat pernyataan ketua peneliti (sesuai format DIKTI)

 

 Luaran yang Diharapkan dari Penelitian

Mengingat bahwa salah satu indikator penting dalam pemeringkatan perguruan tinggi adalah jumlah publikasi ilmiah, maka luaran yang diharapkan dari penelitian ini juga dalam bentuk artikel ilmiah. Dengan demikian luaran wajib dari penelitian ini adalah laporan penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal nasional. Luaran tambahan yang juga diharapkan dari penelitian ini adalah kertas kerja untuk konferensi nasional dan publikasi media.

 

Jadwal dan Tanggal-tanggal Penting

Perlu diperhatikan tanggal-tanggal penting dalam pengajuan proposal sebagai berikut:

28 Februari 2019                         Sosialisasi dan Call for Proposal

29 Maret 2019                            Pengumpulan Proposal

8 - 13 April 2019                         Seleksi dan Coaching Clinic

22 – 27 April 2019                       Pengumpulan Final

2 Mei 2019                                 Penandatanganan Kontrak Penelitian

3 Mei – 8 September 2019            Pelaksanaan Penelitian

9 September 2019                       Seminar Kemajuan Penelitian

1 Desember 2019                        Pengumpulan Laporan Akhir Penelitian

4 Desember 2019                        Seminar Hasil Akhir Penelitian

 

Tanggal-Tanggal Penting (Time Table)

Buku Panduan Hibah Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali 2019