Peluncuran Warmadewa Research Centre dan Undangan Menulis Proposal Penelitian

Peluncuran Warmadewa Research Centre dan Undangan Menulis Proposal Penelitian

Undang-undang No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 ayat 9 mensyaratkan setiap perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dengan demikian, setiap sivitas akademika, yang berada di bawah naungan perguruan tinggi, wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk penelitian. Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian suatu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dosen, yang berada di garda depan perguruan tinggi,  dengan demikian, selain melaksanakan kegiatan pendidikan, wajib memiliki mengembangkan suatu cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran dan penelitian serta menyebarluaskannya dalam bentuk publikasi.

Jumlah dosen di Universitas Warmadewa yang dicatat saat peluncuran program ini adalah 376 orang tersebar di 7 Fakultas dan Program Pascasarjana. Jumlah terbesar ada di Fakultas ekonomi dengan 91 orang dosen dan diikuti oleh Fakultas Kedokteran dengan 71 orang dosen. Program Pascasarjana dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menempati proporsi terkecil dengan masing-masing 16 dan 24 orang dosen. Proporsi dosen pada masing-masing Fakultas dan Program Pascasarjana dapat dilihat pada tabel sebelah kiri di bawah ini.

Jika jumlah dosen dilihat dari sisi golongan dan kepangkatan, maka proporsi terbesar adalah mereka yang memiliki golongan III/b dengan pangkat Penata Muda Tk.I. Kelompok terbesar ini dihuni oleh 120 orang dosen atau sekitar 32% dari keseluruhan dosen di Universitas Warmadewa. Kelompok kedua adalah dosen dengan pangkat Pembina Utama Muda dengan golongan IV/c terdiri atas 57 orang atau 15% dari keseluruhan dosen. Tiga golongan dengan jumlah dosen paling sedikit secara berturut-turut dari yang terkecil adalah Penata Muda golongan III/a, Pembina Utama dengan golongan IV/e dan Pembina Utama Madya golongan IV/d dengan masing masing 8 orang (2,16%), 11 orang (2,97%) dan 14 orang (3,78%).

 

Gambar A.

Gambar B.

Gambar a) adalah proporsi dosen di Universitas warmadewa berdasarkan Fakultas sedangkan gambar b) menunjukkan proporsi dosen berdasarkan  pangkat dan golongan.

Dari 376 orang dosen yang ada di Universitas warmadewa, tercatat jumlah penelitian yang dihasilkan adalah 146 dengan rincian: yang didanai oleh Ditlitabmas sebanyak 19 penelitian dan yang didanai oleh hibah non-Ditlitabmas sebanyak 127 penelitian. Dari angka ini, dapat dilihat bahwa rasio penelitian dosen yang didanai oleh hibah Ditlitabmas dibandingkan dengan jumlah dosen keseluruhan adalah 5,05%, sedangkan rasio penelitian yang didanai oleh dana non-Ditlitabmas sebesar 33,77%. Secara total, rasio penelitian dosen sebesar 38,83%. Angka ini menunjukkan bahwa jumlah penelitian yang dihasilkan tidak sampai setengah dari jumlah dosen yang ada di Universitas Warmadewa. Bahkan penelitian yang didanai oleh Ditlitabmas kurang dari 10%.

Jika dilihat dari jumlah publikasi dalam bentuk artikel jurnal, maka pada tahun 2017, terdapat 90 artikel yang terpublikasi. Jika dibandingkan dengan jumlah total dosen maka angka ini hanya mencapai 24% atau tidak sampai seperempat dari 376 orang dosen.

Dengan angka penelitian dan publikasi jurnal, dapat dilihat kinerja penelitian Universitas Warmadewa sesuai dengan salah satu indicator yang dipergunakan oleh Dirjen Kelembagaan IPTEK dan Dikti. Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, pada tahun 2017, peringkat Unwar dalam Daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia ada pada urutan ke 74. Di Bali, Universitas Warmadewa masih berada di bawah Undiknas (peringkat 73), Universitas Pendidikan Ganesha (peringkat 35), dan Universitas Udayana (Peringkat 17). Dengan demikian, Universitas Warmadewa masih digolongkan sebagai kelompok universitas binaan.

Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali bermaksud untuk memberi dukungan dalam bentuk dana hibah penelitian dalam rangka menambah jumlah penelitian, meningkatkan publikasi serta pada akhirnya mendukung kanaikan peringkat Universitas Warmadewa.

Categories: Aktivitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *