SURVEY PELAKSANAAN PKB XLIII TAHUN 2021

Warmadewa Research Centre berpartisipasi dalam pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali sejak tahun 2019. Pada tahun lalu, kegiatan PKB tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19. Meski pandemi belum berakhir, di tahun 2021 Pesta Kesenian Bali diputuskan untuk tetap dilaksanakan dengan beberapa penyesuaian.

Tim dari Warmadewa Research Centre kembali melakukan evaluasi. Kegiatan tahun ini dilakukan dengan program dalam jaringan (daring) serta luar jaringan (luring). Beberapa pertunjukan disiarkan secara langsung melalui berbagai kanal: Youtube, TVRI, Bali TV serta RRI. Cara ini ditempuh sebagai antisipasi kemungkinan menyebarnya virus akibat kerumunan penonton. Selain itu, dengan cara disiarkan secara langsung maka sebaran penonton yang hendak dijangkau juga semakin luas. Selain pertunjukan, beberapa lomba juga dilangsungkan dengan cara serupa.

Pertunjukan-pertunjukan secara langsung di area taman budaya juga dilakukan dalam skala terbatas. Pertunjukan-pertunjukan yang termasuk dalam kategori ini mengundang penonton. Hadirnya penonton diharapkan mampu memberi dampak positif bagi peserta pameran. Kegiatan pameran kerajinan yang melibatkan IKM tetap diselenggarakan pada area PKB dengan penerapan protocol kesehatan bagi peserta pameran maupun pengunjung.

Download: Laporan Survey Pelaksanaan PKB XLIII Tahun 2021